Kamis, 18 Juni 2015

MAKALAH PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN IPTEK



 PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN IPTEK












 









Dosen :
Dra.EkaDhyanaT.Dewi
Disusunoleh :
1.      AhliSaragih
2.      FranswandiP.Tindaon
3.      Mia AudinaMargarethaBr.Limbong
4.      SigitYulianto
5.      Sumarni
PENDIDIKAN DIPLOMA III
AGRIBISNIS SAPI PERAH
DIVISI KERJASAMA  PENDIDIKAN TINGGI PPPPTK
PERTANIAN CIANJUR, PT. ULTRAJAYA TBK JOINT PROGRAM
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2015

KATA PENGANTAR

Pujisyukur kami panjatkankehadiratTuhan Yang MahaEsa, ataslimpahanrahmatdanhidayahnya kami dapatmenyelesaikanmakalahtentang” PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN IPTEK” makalahinidisusunsebagaisalahsatutugasmatakuliahpendidikanpancasila.
Dalamkesempatanini kami mengucapkanterimakasihkepada:
1.      IbuDra.Eka T DhyanaDewiselakudosenpembimbing;.
2.      Orang Tua yang telahmemberikandukungandansemangat
3.      Dan teman –teman yang telahmembantudalammenyelesaikanmakalahini

Kami menyadaribahwadalampenyusunanmakalahinijauhdari kata sempurna, baikdarisegipenyusunan, bahasa, ataupunpenulisannya.Olehkarenaitu kami mengharapkankritikdan saran yang sifatnyamembangun, khususnyadaridosenmatapelajaranpendidikanpancasilagunamenjadiacuandalambekalpengalamanbagi kami untuklebihbaik  dimasa yang akandatang.




 Cianjur,20 Mei 2015


Penulis




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR........................................................................               i

DAFTAR ISI.....................................................................................            ii

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang.......................................................................           

B.     Tujuan...................................................................................           

C.     Rumusan Masalah...................................................................           


BAB IIISI..........................................................................................           
A.    Pengertian Iptek.....................................................................
B.     Faktor-Faktor Perkembangan Iptek di Indonesia...................
C.    Permasalahan pengembangan Iptek di Indonesia...................
D.    Perkembangan Iptek Di Indonesia.........................................
a)      Dampak positif perkembangan Iptek.........................
b)      Dampak negatif perkembangan Iptek........................
E.     Pancasila sebagai Dasar Pengembangan Teknologi................
F.     Pancasila Sebagai Motivator Perkembangan IPTEK..............           
G.    Peranan pancasila dalam mengembangkan iptek....................

BAB IIIPENUTUP

A.    Kesimpulan.............................................................................
B.     Saran ......................................................................................
BAB IV DAFTAR PUSTAKA.........................................................




                                                                       
           

BAB I

PENDAHULUAN

                                                

A.    Latar Belakang

Ilmupengetahuandanteknologiselaluberkembangdanmengalamikemajuan, sesuaidenganperkembanganzamandanperkembangancaraberpikirmanusia. Bangsa Indonesia sebagaisalahsatunegaraberkembangtidakakanbisamajuselamabelummemperbaikikualitassumberdayamanusiabangsakita. Olehkarenaitusebagaiwarganegara Indonesia seharusnyamanusiaitumemilikipedomandanpegangandalambersikap, tingkahlaku, danperbuatandalamkehidupansehari-haridalambermasyarakat, berbangsa, danbernegarabagibangsa Indonesia.
Pancasilamerupakandasarnegara yang mengandungfilsafatsebagaiupayamanusiauntukmencarikebijaksanaanhidup yang nantinyabisamenjadikonsepkebijakanhidup yang bermanfaatbagiperadabanmanusia.Pancasilaterdiriataslimasilapadahakikatnyamerupakansistemfilsafatyaknisuatukesatuanbagian yang salingberhubungan, salingbekerjasamauntuktujuantertentudansecarakeseluruhanmerupakansuatukesatuan yang utuh. Pancasilasebagaipandanganhidupbangsa yang berisisistemnilaikeIndonesiaan yang telahberkembangsecaraakulturatifselamaribuantahun.IniberartibahwaPancasilaadalahsuatusistembudaya yang merupakan sari darisistem-sistembudaya yang diwarisisecaraturun-temurunolehsetiapmasyarakat Indonesia.
Sebagaisebuahideologi, Pancasilabukanlahideologitertutupmelainkandikembangkansebagaiideologiterbukasejalandenganketerbukaanbudaya.Dengandemikian, Pancasilaberciridinamis, maumenerimaberbagaiunsurlokaldan modern sejauhtidakbertentangandengansila-silanya.Pancasilamenjadisebuahgerbangpenyaringdalammenghadapiarusglobalisasi.globalisasiberdiriatasdasarkemajuanteknologisebagaibagianmodernisasi. Hal tersebutberimplikasipadabagaimanakehidupanmanusiaterbentuk.Dalamhalini, teknologikomunikasimembentukfenomena-fenomena yang terjadi di masyarakatsaatinikarenakomunikasiadalahsebuah proses primer di manaterjaditransaksiinformasi yang memilikiefektertentu di dalamsegalaaspekkehidupanmanusia.
Perkembanganiptektelahmembuatduniamenjadisempit, tidakadalagibatasruangdanwaktuantarnegara di dunia.Benturan, pergeseran, danpenggoyahannilai-nilaikhasbangsadannilai-nilai yang ingindikembangkanberdasarkanbudayaPancasila, tidakdapatdihindari.Olehkarenaituperludiusahakanpembinaandanpemantapanmasyarakatkita di dalamnilai-nilai yang kitaanggapsesuai.Apabilamasyarakatdibinauntuktidakbersifatfanatismedankepicikan, makadayatahandandayatangkalmasyarakatakanmampumenahanbenturandanpergeseran. Kesimpangsiurannormasopansantunumum, polahidupmewah, individualisme, liberalismeanarkistik, otonomipribadidanbebasnilaibanyakmelandamsyarakat modern. Masyarakat modern yang bertumpupadaiptek, seringberpikirdenganpolaempirisme.Empirismedapatmengakibatkanagnostisisme, materialisme, danateisme.Mentalitasempiriklebihsenangmenganutpahampragmatismedanutilitarisme.Pemikiran-pemikiranmetafisiktransedentalkarenaditolakdianggaptidakrelevandanmembuang-buangwaktu.
Nilai –nilaiPancasilasesungguhnyatelahtertuangsecarafilosofis-ideologisdankonstitusional di dalam UUD 1945 baiksebelumamandemenmaupunsetelahamandemen.Nilai –nilaiPancasilainijugatelahterujidalamdinamikakehidupanberbangsapadaberbagaiperiodekepemimpinan Indonesia. Hal inisebenarnyatelahmenjadikesadaranbersamabahwaPancasilamerupakantatanannilai yang digalidarinilai-nilaidasarbudayabangsa Indonesia, yaitukelimasila yang  merupakankesatuan yang bulatdanutuhsehinggapemahamandanpengamalannyaharusmencakupsemuanilai yang terkandung di dalamnya.

B.Tujuan

1.      Mengetahuiperananpancasiladalamperkembanganiptek
2.      Mengetahuidampakpositifdariperkembanganiptek
3.      Mengetahuidampaknegatifdariperkembanganiptek
4.      Mengetahuinilai –nilaipancasila yang di gunakanuntukmengembangkaniptek

C.Rumusan Masalah

1.      Apa yang di maksuddengan IPTEK?
2.      Faktor-faktorapasaja yang mempengaruhiperkembanganiptek di indonesia?
3.      Apapermasalahan yang dihadapidalamupayamengembangkaniptek?
4.      Bagaimanaperkembanganiptek di Indonesia?
5.      Apadampakpositifdariperkembanganiptek yang sesuaidengannilaipancasila?
6.      Apadampaknegatifdariperkembanganiptek yang sesuaidengannilaipancasila?
7.      Bagaimannilai-nilaipancasila di jadikan motivator untukmengembangkaniptek?
8.      Bagaimananilai-nilaipancasilabisa di jadikandasaruntukmengembangkan IPTEK?

BAB II

ISI

A.    Pengertian Iptek
Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (scientific method) , Sedang Teknologi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia sehari-hari.jadi iptek adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dengan dibantu atau di dorong dengan perkembangan teknologi. Perkembangan iptek adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas, memperdalam, dan mengembangkan iptek.
IPTEK adalah hasil karya manusia. Karya tersebut pada dasarnya dipergunakan untuk membantu  keperluan manusia dalam menghadapi kehidupannya. IPTEK tersebut ada saja yang memanfaatkannya untuk kepentingan tertentu baik yang berdampak positif maupun negatif.
B.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi perkembangan Iptek di indonesia
a.      Peranan pemerintah
Peranan pemerintah sangat penting dalam mengembangkan iptek di indonesia karena iptek dapat maju dan berkembang jika pemerintah memberikan dukungan penuh baik berwujud material maupun spiritual demi berkembangnya iptek di indonesia.
Contoh: pengadaan/pembangunan infrastruktur.
b.      Sumber daya manusia yang berkualitas
suatu ilmu pengetahuan dan teknologi memang haras berkembang tapi seiring dengan perkembangan iptek haruslah di iringi dengan perkembangan sumber daya manusia yang berkualitas karena jika tidak diiringi dengan perkembangan SDM maka akan sama saja atau bahkan lebih buruknya lagi kita hanya menjadi penonton dan penikmat perkembangan iptek saja tanpa ikut dalam mengembangkannya.
Contoh: bisa dilihat dari sifat masyarakat indonesia yang tak mau kalah dengan masyarakat dari negara lain.
c.       Pengaruh dari negara lain atau negara maju
perkembangan iptek di indonesia memang tidak lepas dari pengaruh negara lain,hal ini bisa di sebabkan karena Indonesia menjalin kerjasama dengan negara negar maju, oleh karena itu indonesia tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti atua menyerap perkembangan iptek dari negara-negara maju yang menjalin kerja sama dengan indonesia
contoh:tentang model pembayaran yang semakin praktis dengan memnggunakan kartu atm atau kredit.
d.      Arus globalisasi
Arus globalisasi memicu perkembangan iptek diindonesia karena  globalisasi itu merupakan penghilangan batas-batas suatu negara dalam memperoleh informasi. Jadi ada hubungan antara  arus globalisai dengan perkembangan iptek di indonesia.
Contoh: dulu orang indonesia jikaingin ke luar negeri membutuhkan waktu yang lama tapi semenjak ada pengaruh globalisasi maka orang indonesia keluar negeri hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.

C.     Permasalahan yang di hadapi dalam mengembangkan iptek di Indonesia
Pengembangan iptek pastinya akan menemui jalan yang sulit yang mestinya harus diselesaikan demi berkembangnya iptek di indonesia.adapun permasalahan –permasalahan yang dihadapi yaitu :

1.      Keterbatasan sumber daya manusia yang berkualitas
Masih banyak masyarakat indonesia yang belum mengetahuim tentang perkembanga iptek di dunia khususnya di daerah dareh pelosok Indonesia jadi masyarakat indonesia masih buta tentang  perkembangan teknologi hal ini mengakibatkan lambatnya perkembangan teknologi di indoonesia.
2.      Kurangnya keseriusan pemerintah dalam mengembangkan iptek
Pemerintah di indonesia ternyata masih banyak mementingkan kepentingannya sendiri atau golongannya dari pada kepentingan rakyatnya jadi ini akan memepengaruhi perkembangan iptek di indonesia selain intu pemerintah di nilai tidak serius dalm memgembangkan iptek demi kemajuan rakyatnya.
3.      Minat yang kurang dari penduduk indonesia untuk lebih giat belajar
Permasalahan diindonesia selain didukung dengang ketidakseriusan pemerintah ternyata di dukung pula dengan minat yang kurang dari penduduknya dan hal ini akan secara otomatis mengakibatkan iptek di Indonesia sulit berkembang.





4.      Perekonomian penduduk yang belum merata.
Perkembangan iptek di Indonesia akan sulit karena perekonomian yang belum merata yang menyebabkan adanya jarak antara orang kaya dengan orang miskin yang menyebabkan perkembangan iptek yang tidak merata pula.
5.      Masyarakat Indonesia hanya sebagai pengikut bukan menjadi innovator.
Kebanyakan masyarakat indonesia hanya menjadi pengguna atau pengikut dari kemajuan teknologi tanpa ikut menjadi innovator tau pencipta hal ini dapat di lihat dari semua peralatan penunjang iptek yang ada di Indonesia kebanyakan impor dari negara lain.

D.    Perkembangan Iptek Di Indonesia
Disini kami ingin membahas sedikit banyak tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau biasa kita kenal dengan istilah IPTEK. Ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat bisa di pisahkan dari lembaga pendidikan. Dimana pada abad 20 peran ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berarti bagi lembaga pendidikan. Sehingga pada abad 20 mampu mendorong lebih cepat dalam industri. Informasi,komunikasi,transportasi dan pertanian.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tertinggal jauh dan sangat memprihatinkan dibanding Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat bahkan pula di Negara-negara Asia misalnya Jepang dan China. Hal ini disebabkan karena     :                                                                                       
  1. Masih terbatasnya orang indonesia yang mendapat pendidikan barat terutama pendidikan tinggi.
  2. Kurangnya keinginan dari pemerintah maupun perusahaan swasta yang ada di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi
  3. Tidak adanya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia itu sendiri,ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia mulai berkembang dimana ditandai dangan adanya perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan (LIPI) dan juga badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT)
Realita yang memprihatinkan itu bukan dilihat dari prestasi beberapa bidang IPTEK yang telah di capai seperti penemuan aplikasi teknologi DNA, pemuan bibit padi unggul, pemuan vector medan laju percepatan gerak lempeng teknologi, rancangan bangunan pesawat remotely pilotely piloted vehicle, memperoleh penghargaan internasional fellowship L’oreal-unesco for woman in science,mendapat medali emas pada internasiaonal exhibition of invention new techninique and peroduct memperoleh the first to nobel prize di bidang fisika tingkat SMA , hingga temuan nutrisi baru , yang memang semua itu perlu di syukuri .
Tetapi keprihatinan itu muncul pergerakan dampak perkembangan IPTEK itu memang tidak segaris lurus dangan penciptaan kesejahteraan masyarakat dalam rangka kebijakan IPTEK secara nasional,walaupun begitu perkembangan iptek di indonesia lumayan berkembang  pesat meskipun masih kalah dari negara –negara eropa ,amerika dan asia khususnya jepang korea dan china,hal ini di tandai dengan kemajuan teknologi seperti komputer,gajdet,alat peternakan pertanian dan alat-alat penunjang lainnya yang menggunakan teknologi komputerisasi yang berkembang pesat di pasaran indonesia dengan demikian kemajuan atau perkembangan iptek di indonesia bisa dikatakan berkembang.
Tentunya perkembangan iptek di indonesia ini akan memberikan sebuah dampak baik yang positif maupun yang negatif.Adapun dampak positif dan negatif dari perkembangan iptek adalah sebagai berikut:
a)      Dampak Positif perkembangan IPTEK
1.Memberikan berbagai kemudahan           
Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan pertanian, yang dulunya membajak sawah dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan mesin.sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak. Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mempermudah meluasnya berbagai informasi
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggaln. terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini memaksa kita untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai informasi. Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, hal ini di karenakan kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Namun sekarang kegiatan semacam ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya, dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita.
3.Bertambahnya pengetahuan dan wawasan
Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan iptek, peralatan elektronik seperti computer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. Inilah pengaruh positif perkembangan iptek di era globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan wawasan masyarakat kita.
b)      Dampak negatif  perkembangan IPTEK
1.Mempengaruhi pola berpikir
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Terutama sekali dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. Namun ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir anak, juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.
2.Hilangnya budaya Tradisional
Dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti mal, perhotelan dll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.

3.Banyak menimbulkan berbagai kerusakan
Indonesia di kenal sebagai Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, namun hingga akhir ini, Indonesia lebih di kenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus berkembang entah sampai kapan. Dan kita juga tidak mengetahui kapan istilah Negara berkembang tersebut berubah menjadi Negara maju. Salah satu contoh kecil yang lebih spesifik adalah beberapa tahun yang lalu sekitar di bawah tahun 2004, kota pekanbaru yang terletak di propinsi Riau, lebih di kenal sebagi kota “Seribu Hutan”, namun dalam waktu yang relative singkat, istilah seribu hutan kini telah berubah menjadi istilah yang lebih modern, yakni kota “Seribu Ruko” di mana dalam waktu yang singkat, perkembangan pembangunan di kota ini amat sangat pesat. Mulaialah berdiri berbagai kegiatan industri, Perhotelan, Mal, dan Gedung-gedung bertingkat serta perumahan berdiri di mana-mana.akibatnya aktifitas tradisional lumpuh, hutan gundul sehingga banyak menimbulkan berbagai macam bencana seperti banjir, tanah longsor serta polusi terjadi di mana-mana. Inilah dampak yang harus di terima masyarakat kita hingga ke anak cucu.
Dengan semakin berkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,maka informas, juga komunikasi di indonesia pun sudah berkembang. Di era globalisasi pada masa sekarang ini, kita harus bisa mengenal dan memahami berbagai perkembangan IPTEK, namun masih banyak yang kurang memahami dengan perkembangan IPTEK. Secara jangka panjang, perkembangan IPTEK memberikan arti yang sangat positif, namun di sisi lain, tidak sedikit pula yang membawa dampak negatif.
E.     Nilai Pancasila sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
Pancasila bukan merupakan ideologi yang kaku dan tertutup, namun justru bersifat reformatif, dinamis, dan antisipatif. Dengan demikian Pancasilan mampu menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yaitu dengan tetap memperhatikan dinamika aspirasi masyarakat. Kemampuan ini bukan berarti Pancasila itu dapat mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung, tetapi lebih menekan pada kemampuan dalam mengartikulasikan suatu nilai menjadi aktivitas nyata dalam pemecahan masalah yang terjadi (inovasi teknologi canggih). Karena syarat Sebuah ideologi memiliki kekuatan dimensi reality,idealismedan fleksibelity adapun penjelasannya sebagai berikut:
a.       Dimensi Reality.
Yaitu nilai-nilai dasar yang terkandung di dalam ideologi tersebut secara riil berakar dalam hidup masyarakat atau bangsanya, terutama karena nilai-nilai dasar tersebut bersumber dari budaya dan pengalaman sejarahnya.
b.      Dimensi Idealisme.
Yaitu nilai-nilai dasar ideologi tersebut mengandung idealisme yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik melalui pengalaman dalam praktik kehidupan bersama dengan berbagai dimensinya.
c.       Dimensi Fleksibility.
 yaitu bahwa dimensi pengembangan Ideologi tersebut memiliki kekuasaan yang memungkinkan dan merangsang perkembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dengan ideologi bersangkutan tanpa menghilangkan atau mengingkari hakikat atau jati diri yang terkandung dalam nilai-nilai dasarnya.
 dan ini telah di miliki oleh ideologi pancasila sedangkan pancasila sebagai dasar nilai mengandung dimensi ontologis,epistemologis,dan aksiologis.dimensi dimensi inilah yang menjadi dasar nilai dalam mengembangkan iptek yang sesuai dengan pancasila. Adapun pengertian dimensi ontologis,epistemologis dan aksiologis sesuai dengan sila-sila pancasila sebagai berikut sebagai berikut:

1. Ontologi
dimensi Ontologis adalah ilmu pengetahuan sebagai upaya manusia untuk mencari kebenaran yang tak mengenal titik henti
2. Epistemologi
Adala nilai nilai pancasila di jadikn senjata untuk analisis atau metode berfikir dan sebagai tolok ukur dalam mencari kebenara
3. aksiologis
Mengandung nilai nilai imperatif (memaksa)dalam mengembangkan dimensi ini sila sila pamcasila akan menjadi satu kesatuan dan ilmuwan pun di tun tut harus memahami pancasila

Nilai-nilai Pancasila inilah yang digunakan  sebagai dasar Perkembangan IPTEK karena Nilai-nilai pancasila itu sangat mendorong dan mendasari akan perkembangan dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik dan terarah,perlu menjadi kesadaran masyarakat bahwa untuk meningkatakan IPTEK di Indonesia itu, sejak dini masyarakat harus memiliki dan memegang prinsip dan tekad yang kukuh serta berlandaskan pada Nilai-nilai Pancasila yang merupakan kepribadian khas Indonesia.
Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan hal penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Perkembangan IPTEK saat ini dan di masa yang akan datang itu sangat cepat. Di sini letak tantangan bagi Indonesia, yaitu mengembangkan kehidupan bangsa yang berbasis IPTEK tanpa kehilangan jati diri (nilai-nilai Pancasila). Hal ini berarti ada nilai-nilai dasar yang ingin dipertahankan bahkan ingin diperkuat. Nilai-nilai itu sudah jelas, yaitu Pancasila. Dasar Ketuhanan Yang Maha Esa, yang bagi bangsa Indonesia adalah mutlak. Jika diikuti pandangan-pandangan sekular dunia Barat, yang ilmunya dipelajari dan jadi rujukan para cendekiawan, sepertinya berjalan berlawanan.
 Dalam masyarakat modern yang berbasisi IPTEK, terlihat kecenderungan lunturnya kehidupan keagamaan. Jadi, ini bukan tantangan yang sederhana, tetapi penting, karena landasan moral, segenap imperative moral, dan konsep mengenai kemanusiaan, keadilan, dan keberadaban, adalah keimanan dan ketakwaan. Dari dalam dan dari luar bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan-tantangan terhadap sistem demokrasi yang dianut dan ingin ditegakkan, yang sesuai dengan kondisi sosialkultural bangsa yang demikian majemuk dan latar belakang historis bangsa.

F.     Nilai-nilai Pancasila Sebagai Motivator Perkembangan IPTEK
Secara konstitusional di dalam Pembukaan UUD Proklamasi 1945. Kedudukan nilai filsafat Pancasila di dalam Pembukaan UUD tersebut, berfungsi sebagai dasar negara dan ideologi negara; sekaligus sebagai asas kerohaniannegara dan sebagai perwujudan jiwa bangsa. Dengan demikian, identitas dan integritas (nasional) Indonesia ialah nilai filsafat Pancasila.
Nilai-nilai Pancasila juga menjadi sumber motivasi bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) nasional dalam mencerdaskan bangsa yang mempunyai nilai-nilai Pancasila tinggi serta menegakkan kemerdekaan secara utuh, kedaulatan dan martabat nasional dalam wujud negara Indonesia yang merdeka, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia , Pancasila sebagai terkandung dalam UUD Proklamasi 45 seutuhnya. Karenanya, secara filosofis-ideologis dan konstitusional, NKRI dapat dinamakan (dengan predikat) sebagai sistem kenegaraan Pancasila yangsejajar dan analog dengan berbagai sistem kenegaraan bangsa-bangsa modern dan canggih.
Kedudukan nilai Pancasila (sistem ideologi Pancasila) dengan demikian berfungsi juga sebagai asasnormatif-filosofis-ideologis-konstitusional bangsa; menjiwai dan melandasi budaya dan moralpolitik nasional, sebagai terjabar dalam UUD Proklamasi yang memandu kehidupan bangsa Indoensia dalam integritas NKRI sebagai sistem kenegaraaan Pancasila. Maknanya, integritas nilai Pancasila secara konstitusional imperatif memberikan asas budaya dan moral politik nasional Indonesia serta membangun bangsa yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi dan menguasai berbagai teknologi (IPTEK)  guna memenuhi kehidupan masyarakat.

G.    Peranan pancasila dalam mengembangkan iptek.
Dalam perkembangan iptek peranan pancasila sangatlah penting guna menjaga nama baik dan integritas bangsa. Peran pancasila antara lain :
·         Sebagai filtrasi
Pancasila berperan sebagai filtrasi masuknya budaya asing ke indonesia, sehingga Indonesia masih mempertahankan ciri khas atau integritas bangsa tanpa ketinggalan zaman di era globalisasi. 
·         Sebagai tolok ukur
Dalam pengembangan iptek tidak selalu bernilai positif namun dapat juga bernilai negatif, oleh karena itu, pancasila disini berperan untuk mengukur baik buruknya  perkembangan iptek tersebut,
·         Sebagai alat kontrol
Perkembangan iptek yang tidak terkontrol akan menimbulkan penyimpangan-penyimpangan yang tidak di inginkan. Dengan adanya nilai-nilai pancasila perkembangan iptek dapat terkontrol, Sebagai contoh, Kloning, Bom nuklir,







BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dalam pengembangan iptek , pancasila dijadikan sebagai tolok ukur, sebagai penyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia, dan sebagai alat kontrol.Pancasila juga di jadikan sumber motivasi serta dijadikan dasar dalam pengembangan iptek dan ini sudah dibuktikan.Pancasila dalam pengembangan iptek memiliki nilai –nilai yang mengandung 3 dimensi yaitu dimensi ontologis, dimensi epistemologis, dan dimensi aksiologis
B.     Saran
a.      Untuk mengembangkan iptek seharusnya ada dukungan penuh dari pemerintah
b.      Masyarakat harus berani mengenal ilmu-ilmu baru
c.       Masyarakat jangan menyalah gunakan kemajuan iptek untuk hal-hal negatif
d.      Dalam pengembangan iptek harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila



















BAB V
DAFTAR PUSTAKA





https://www.academia.edu/9760979/Pancasila_dalam_kehidupan_sehari-hari_Paradigma_dalam_Pemecahan_Persoalan_Sosial_Politik_dan_IPTEK_serta_Seni_






2 komentar:

  1. dari faktor-faktor perkembangan iptek di ats, dapat memicu minat penerus bangsa untuk lebih meningkatkan pendidikan, karena hidup ini akan semakin memanfaatkan sesuatu yang lebih praktis dan efisien,
    jadi kalau tidak punya pengetahuan akan tertinggal dari cara hidup yang lebih mudah.

    BalasHapus